Penjelasan Tentang Kata Kunci yang Digunakan dalam Setiap Postingan di Guru Kampung

Penjelasan Tentang Kata Kunci yang Digunakan dalam Setiap Postingan di Guru Kampung
Ilustrasi
Kata kunci itu apa?

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia, kata diartikan sebagai ujaran atau berbicara. 
Menurut admin penjelasan ini membingungkan. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kata adalah unsur bahasa yang diucapkan atau ditulis; yang merupakan satu kesatuan perasaan dan pikiran, yang dapat digunakan dalam berbahasa. 
Penjelasan seperti ini tentu semakin membingungkan. Jadi mari kita tarik kesimpulan bahwa, kata adalah bagian terkecil dari ilmu bahasa. Bisa digunakan dalam kegiatan tulis menulis dan berbicara. 
Contoh  kata "aku" bisa diucapkan dan ditulis.

Dari kesimpulan di atas mengandung 2 kalimat kunci, pertama kata merupakan bagian terkecil dari ilmu bahasa, kedua bisa digunakan dalam berkomunikasi secara lisan dan tulisan. 
Jadi letak kata kuncinya adalah ilmu bahasa, komunikasi, lisan dan tulisan.  
Dalam setiap tulisan yang terdapat dalam blog ini selalu disertakan kata kunci di bagian akhir postingan. Tujuannya semoga memberikan kesimpulan yang komprehensip dari penjelasan yang panjang. 

Harapannya pembaca bisa mengingat dan menjelaskan kembali dengan kata - katanya sendiri. Jadi walaupun secara redaksi penulisan mungkin berbeda tetapi inti dari penjelasannya adalah sama.


Contoh:

Resensi adalah ilmu yang mempelajari tentang penilaian seseorang terhadap suatu karya. Tujuannya agar pembaca memiliki gambaran secara menyeluruh tentang karya tersebut. Hal - hal yang dinilai adalah kelemahan dan kelebihan. Secara umum resensi dibagi menjadi beberapa bagian, diantaranya resensi buku, filem, lagu dan beberapa karya yang lainnya. Jika yang diresensi adalah buku maka disebut resensi buku, demikian dengan yang lainnya.

Penggalan paragraf di atas masih terlalu luas maka perlu dibuatkan kesimpulan agar lebih spesifik dan mudah diingat, kira-kira jadinya sebagai berikut:
Resensi adalah penilaian seseorang terhadap kelemahan maupun kelebihan suatu karya. Tujuannya agar orang lain memiliki gambaran tentang karya tersebut.Jika karya yang dimaksudkan berupa buku maka disebut resensi buku.

Jadi kata kuncinya adalah penilaian, kelemahan dan kelebihan, gambaran umum, resensi buku. Jadi apabila ditanya apa itu resensi?, setiap orang bisa menjelaskan dengan kata - katanya sendiri; asalkan mengandung kata kunci seperti penilaian, kelemahan dan kelebihan, gambaran umum, resensi buku.


Penutup:

Jadi yang dimaksud dengan kata kunci adalah kata - kata penting dari setiap penjelasan yang panjang. 
Itulah yang admin maksudkan dengan kata kunci dalam setiap postingan di blog ini. 

Semoga bermanfaat, apabila tidak memahami penjelasan admin, silakan tinggalkan komentar, berupa pertanyaan, kritik maupun saran. 

Salam!
Penjelasan Tentang Kata Kunci yang Digunakan dalam Setiap Postingan di Guru Kampung

  • Sumber tulisan: pemahaman dan pengalaman personal sebagai guru
  • sumber foto: kreativitas pribadi
Martin Karakabu
Martin Karakabu Hanya guru kampung dan blogger newbie. Saat ini mengajar di SMA Kasih Karunia Jakarta

Posting Komentar untuk "Penjelasan Tentang Kata Kunci yang Digunakan dalam Setiap Postingan di Guru Kampung"