3 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua Menghadapi Kid Zaman Now

3 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua Menghadapi Kid Zaman Now
Penulis bersama siswa SMA Kanaan Jakarta/Gambar ilustrasi-dokumentasi pribadi
Menjadi guru era baru dan orang tua zaman now cukup sulit karena generasi yang dihadapi ialah kid zaman now. Kebenaran versi mereka sebagian besar ada di google, bukan orang tua dan guru. 

Lalu bagaimana caranya supaya terjalin komunikasi yang baik antara orang tua dan anak maupun siswa dan guru?. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, namun menjadi teman mereka, ikut menjadi anak gaul dan akrab dengan teknologi barangkali bisa jadi solusi alternatif bagi guru dan orang tua.

Mari kita sama - sama melihat kondisi berikut ini.

Saat memperingati hari guru, mungkin para guru pernah mendapatkan ucapan selamat dari murid atau setangkai bunga yang berisi harapan dan doa?. 

Bisa juga tidak mendapatkan ucapan selamat dari murid, apalagi setangkai bunga atau sebatang coklat?.

Jika tidak mendapatkan ucapan selamat, mungkin para guru pernah berkata, “ah anak-anak zaman sekarang tidak seperti zaman kita sekolah dulu”. 

Atau pernah mendengar orang tua mengeluh, “semenjak adanya warnet, nilai anak saya jelek” dan berbagai keluhan yang lain.

Guru bangsa dan orang tua murid yang terkasih, itulah tantangan dalam mendidik. 

Ikuti 3 cara berikut ini, barangkali perubahan bisa terjadi.


Pertama #Jadilah sahabat bagi kid zaman now

Cara ini jika dilakukan dengan baik maka 30 % kenakalan siswa atau seorang anak bisa diatasi oleh guru dan orang tua.


Mengapa? 


Perkembangan teknologi membuat komunikasi antara orang tua dan anak semakin jauh. 

Segala perhatian dari orang tua dilakukan melalui media komunikasi, seperti line atau whatsaap. Itu dilakukan dari jauh, semantara secara psikologis proses pertumbuhan seorang anak membutuhkan perhatian dan kasih sayang yang sifatnya bertatapan langsung dari orang tua.

Di sisi yang lain adanya kurikulum 2013 membuat siswa lelah karena tugas-tugas sekolah sangat banyak. Jadi mereka membutukan suasana rileks saat bersama orang tua di rumah; sehingga mereka bisa bercerita banyak hal tentang kegiatan-kegiatannya di sekolah. 

Hal yang sama pun harus dilakukan oleh guru di sekolah, dari rumah seorang siswa membawa banyak persoalan, mulai dari kurang perhatian karena tuntutan kerja dari orang tua sampai masalah keluarga.


Jadi solusi yang terbaik untuk mendidik siswa-siswi zaman now adalah menjadi teman bagi mereka, bukan menjadi guru yang kiler atau orang tua yang galak. 

Menjadi teman bagi kid zaman now maka kemungkinan bagi mereka untuk terbuka dan menceritakan permasalahannya semakin besar. Dengan demikian sebagai orang tua dan guru bisa mengarahkan pada hal-hal yang lebih positif lagi.


Kedua #Orang tua dan guru harus gaul

Apakah kita harus membeli kamus gaul?, tidak sama sekali. Tetapi orang tua dan guru harus mengenal sedkit istilah-istilah seperti, alay, kepo, sabi, agut.


Supaya apa?

Agar tahu masalah apa yang dibicarakan sehingga ada hal yang salah maka orang tua dan guru bisa memperbaiki. Selain itu, dengan mengenal istilah gaul versi kid zaman now, siswa-siswi akan merasa lebih dekat dengan guru dan orang tuanya.

Melalui kedekatan tersebut maka cara kita mendidik akan lebih diterima oleh mereka.


Ketiga #Orang tua dan guru harus akrab dengan teknologi

Cara ketiga berlaku bagi orang tua dan guru yang tidak terbiasa menggunakan teknologi terkini, seperti instagram atau youtube.


Mengapa ini penting? 

Bagi generasi Y yang lahir di era milenial, mereka terbiasa menggunakan internet dan bersosial media.

Sebagai orang tua dan guru, kita tidak tahu pergaulan anak di luar sekolah atau di luar rumah. Tetapi dengan menggunakan sosial media yang juga digunakan oleh kid zaman now, kita bisa memantau aktivitas mereka di luar rumah dan di luar sekolah.

Demikian 3 cara yang wajib dilakukan oleh orang tua di rumah dan guru di sekolah dalam mendidik kid zaman now. 

Lakukan dan lihatlah perubahan yang ditunjukan. 

Tidak ada anak yang sulit, yang ada hanya orang tua dan guru yang kesulitan mendidik anak.


Penutup

Menjadi guru dan orang tua di zaman digital tidaklah mudah tetapi bukan berarti tidak bisa. Kita bisa mencoba memahami mereka melalui 3 cara.

  • Menjadi teman
  • Ikut gaul, dan
  • Akrab dengan teknologi.


Barangkali bisa dicoba untuk lebih memahami generasi kekinian. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Sumber tulisan: Pengalaman dan refleksi pribadi
Sumber foto : Dokumentasi pribadi


Penting:

Guru kampung tidak bermaksud mengajari orang tua di rumah dan guru - guru hebat di luar sana. Dia hanya mencoba berbagi ide dan gagasan. Jika bermanfaat, semua karena Tuhan, jika tidak berfaedah maka abaikan saja.

Selamat mendidik dan tetap semangat. Jangan lupa baca juga 7 cara membuat guru bahagia dan murid senang mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.
Sejarah 'Lahirnya' Blog Guru Kampung
Martin Karakabu
Martin Karakabu Hanya guru kampung dan blogger newbie. Saat ini mengajar di SMA Kasih Karunia Jakarta

Posting Komentar untuk "3 Cara yang Wajib Dijalankan Oleh Guru dan Orang Tua Menghadapi Kid Zaman Now"