Update Cara Membuat Blog Terbaru Tahun 2020 Untuk Pemula (Lengkap)

Update Cara Membuat Blog Terbaru Tahun 2020 Untuk Pemula (Lengkap)
Persiapan Membuat Blog dari Blogger

Sama halnya ketika mengajar di sekolah, membuat blog juga membutuhkan persiapan. Berikut ini adalah persiapan sebelum membuat blog pribadi.

·        Pastikan peserta didik dan rekan guru memiliki akun gmail.

·        Pastikan juga rekan guru dan peserta didik sudah menyiapkan nama blog yang sesuai, misalnya nama blog yang berhubungan dengan topik. Contoh blog tentang materi Bahasa Indonesia berarti bisa disingkat jadi macenesia atau gubanesia, artinya guru Bahasa Indonesia. 

·        Siapkan nama domain atau custom TLD, bapak ibu guru bisa membelinya dari penyedia hosting dan layanan domain custom ( Niagahoster, Idwebhost, rumah web dan lain sebagainya ). Namun karena ini masih awal, ada baiknya kita gunakan subdomain dari blogger terlebih dahulu (gratis).

Langkah-langkah Membuat Blog dari Blogger.com

Langkah pertama yang harus bapak ibu guru dan siswa lakukan adalah mengunjungi situs www.blogger.com.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Langkah kedua, klik tombol warna kuning yang ada di bagian tengah halaman “ CREATE YOUR BLOG “. Maka secara otomatis akan diarahkan ke halaman akun google dan disana bisa login dengan akun googel yang bapak ibu guru dan siswa miliki.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Langkah Ketiga Bilamana sudah login, maka tampilan awal adalah form atau isian untuk membuat judul blog. 

Silahkan ketikkan sesuai dengan keinginan, disini saya mencontohkan "buat blog anda" sebagai nama judul blog. 

Peserta didik dan rekan guru bisa sesuaikan dengan judul yang sudah disiapkan. Bisa “Blog pendidikan Bahasa Indonesia“ atau “ Guru Blogger “ dan lain sebagainya.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Langkah Keempat silahkan klik BERIKUTNYA untuk melanjutkan proses pendaftaran blog baru, bapak ibu guru dan peserta didik akan disajikan menu alamat blog yang nantinya akan diakses banyak orang. Nama alamat bisa disamakan dengan judul blog. PENTING “Gunakan nama alamat yang belum pernah di pakai sama sekali“.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Kelima memasukkan nama profil blog, ini bebas dan bisa custom sendiri. Contoh saya menuliskan .“Blog baru saya“

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Keenam dasboard blog. Ini merupakan tampilan awal, masih kosong dan belum ada apa-apa. Namun bapak ibu guru dan peserta didik sudah berhasil membuat blog baru. 

Silahkan klik pada bagian TEMA yang sudah diberi kolom warna merah. Pada menu tersebut, rekan guru dan peserta didik bisa mengatur tema sesuai dengan keinginan, pilihlah template cocok dengan topik blog. 

Jika ada yang tidak sesuai, silahkan download template gratis di internet.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Ketujuh klik bagian SETELAN yang ada di bawah menu TEMA, kemudian mulai isi kolom yang saya tandai warna merah. Disesuaikan dengan kebutuhan. 

Pada kolom DESKRIPSI silahkan isi deskripsi atau keterangan blog anda. Contoh: Blog berbagi informasi tentang pendidikan dan pelajaran Bahasa Indonesia.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Masih di setelan dan selanjutnya rekan guru dan siswa sekalian bisa scroll di bawah untuk melihat menu POSTINGAN. 

Secara default jumlah postingan yang ditampilkan hanya 7 saja. 

Peserta didik dan rekan guru bisa merubahnya sesuai dengan keinginan. Caranya klik angka 7 dan rubah sesuai dengan jumlah postingan yang akan ditampilan di halaman awal.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Kedelapan tetap dimenu settingan dan sekarang scroll kursor ke bawah dan temukan menu PEMFORMATAN, disana ada zona waktu, format stempel dan lain-lain

Bapak ibu guru dan siswa hebat perlu merubah format tanggal saja. Caranya klik zona waktu. Silahkan dirubah sesuai dengan zona waktu di daerah masing - masing.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Kesembilan meta tag. Geser kursor ke bawah dan temukan tag meta, ini merupakan settingan dasar seo blog yang akan membantu blog bapak ibu guru supaya bisa terindeks di halaman pencarian. 

Disana tertulis DESKRIPSI yang artinya kalimat tersebut akan muncul di halaman pencarian google. 

Silahkan di isi. Sebagai contoh : Blog ini menyajikan informasi yang berhubungan dengan pendidikan, berita dan teknologi terbaru.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Sepuluh kembali ke temaJika setting dasar pada blog baru anda selesai, coba kembali lagi ke menu TEMA dan disana kita bisa mengedit template sesuai dengan keinginan. Pilih salah satu template dan coba terapkan ke blog baru peserta didik dan rekan guru sekalian.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Sebelas blog sudah siap. Pada tahap ini blog sudah siap tayang, tetapi belum ada isinya sama sekali. Tampilan blog baru yang dibuat akan seperti ini gambarannya, tergantung juga pemilihan template atau tema yang digunakan.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Dua belas postingan blog. Tahap berikutnya kalau ingin menulis konten, silahkan klik pada menu POSTINGAN yang ditandai kolom merah, letaknya ada di pojok kanan atas sendiri. 

Silahkan klik POSTINGAN – Klik TANDA PLUS di pojok bawah – Isi postingan dengan artikel. Nanti saya akan beri contoh.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Tiga belas contoh postingan blog. Setelah itu, silahkan isi kolom postingan yang sudah dibuat tadi dengan konten artikel. 

Pada halaman postingan ini sebenarnya lebih mirip dengan ms word, jadi tidak terlalu asing dengan simbol dan karakter yang ada di sana. Coba ikuti petunjuk saya sesuai dengan kolom gambar di bawah ini.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

a.   Pada kolom A ini bisa diisi dengan judul blog, usahakan judul jangan terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek. Pastikan juga mengandung kata kunci, artinya kata kunci adalah kalimat yang banyak diketikkan pengunjung di internet. Contoh “cara buat blog“. Jadi artikel bisa masuk halaman google.

b.   Pada kolom B  ini adalah simbol-simbol yang ada di halaman postingan, mirip dengan ms.word, hanya saja lebih ringkas dan tidak terlalu banyak. Bapak ibu guru atau peserta didik bisa manfaatkan berbagai simbol yang ada untuk membuat postingan yang keren. Dari sana bisa upload gambar, upload video dan berbagai media lainnya.

c.   Pada kolom C ini adalah halaman postingan yang bisa bapak ibu guru atau siswa ketikkan isi konten dan apapun yang perlu disampaikan nantinya. 

d.   Pada kolom D ini bisa memberikan label atau kategori sesuai dengan konten artikel yang dibuat, contoh saja kalau disana judulnya cara atau tips, maka kategori yang saya buat masuk ke TUTORIAL.

e.   Pada kolom E ini adalah jadwal publikasi, bisa membiarkan otomatis langsung publish atau mau setting sendiri kapan artikel akan dipublish, bisa besok atau hari berikutnya. Sesuaikan saja tanggal dan jamnya.

f.     Berikutnya pada kolom F ini adalah permalink, biasanya anda mengenal dengan URL atau alamat address, contoh permalink itu : https://www.gurukampung.com/2020/07/update-cara-membuat-blog-terbaru-untuk.html. Tidak perlu dirubah dan biarkan saja mengikuti judul blog anda. 

Empat belas publish tulisan blogSelanjutnya jika proses pengetikan artikel sudah selesai, anda bisa langsung klik publish. Logo publish ada di pojok kanan atas, mirip dengan logo KIRIM di aplikasi chat. Konfirmasi publish. Selesai.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Sekarang blog baru bapak ibu guru atau siswa sudah tayang dengan isi artikel yang dibuat, tampilannya akan seperti ini kira-kira.

Update Cara Membuat Blog Terbaru Untuk Pemula (Lengkap)

Bagaimana sangat mudah bukan membuat blog dari blogger, sekarang bapak ibu guru atau peserta didik yang terkasih bisa mempraktikkannya secara langsung. 

Belajar di rumah tentu akan semakin asyik dan menyenangkan kalau kita memiliki blog pribadi, terlebih lagi bagi seorang guru yang mana dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan.

Sekian panduan membuat blog baru dari guru kampung untuk guru - guru hebat dan siswa - siswi inspirasi di mana pun berada, semoga bermanfaat.

Martin Karakabu

Guru kampung dan blogger newbie

Martin Karakabu
Martin Karakabu Guru kampung dan blogger newbie. Menulis tentang pendidikan, materi mengajar dan penggunaan media mengajar berbasis blogspot. www.martinkarakabu.com

4 komentar untuk "Update Cara Membuat Blog Terbaru Tahun 2020 Untuk Pemula (Lengkap)"

  1. Membuat blog memang sangat mudah, tantangan terberatnya adalah mengelola blog secara konsisten. Banyak blogger yang pada akhirnya menyerah. Mungkin oriesntasinya tak sesuai dengan ekspektasinya. Tapi, setidaknya artikel ini memberitahu bahwa blog bisa digunakan siapa saja.

    https://kawula.id/

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah berkunjung. Setujuh membuat blog sangat mudah tetapi mengelolanya itu yang sulit, kata konsisten itulah yang sedang saya coba lakukan, mudah-mudahan bisa hehhe, terima kasih masta komentarnya membuka cakrawala berpikir saya tentang tujuan membuat blog. Salam hangat dan salam blogger. Sukses selalu.

    BalasHapus
  3. Mas, anak2 di sekolah sekarang apa ada pelajaran yg terkait Ama blog? Kalo memang iya, biasanya kelas berapa? Aku mau bikinin untuk anakku sepertinya :D.

    Btw, jd kebayang pas zamanku, kenapalah belum ada blog saat itu :D. Di antara semua mata pelajaran, favoritku itu bahasa. Inggris atopun Indonesia. Dan aku paliiiiiing senang kalo udah pelajaran bikin karangan cerita :D. seandainya dulu udah ada internet dan blog, aku bisa bikin lewat blog :D. Ga usah susah2 di tulis tangan hahahahaha. Yg bikin sebel itu sih sebenernya. Walopun kemudian SMP mulai deh dikenalin Ama komputer walopun msh yg tipe jadul :p. Setidaknya udah bisa dipake utk ngetik :p.

    Akupun masih nyimpen blog yg berbasis blogspot. Tapi aku setting private :p. Itu hanya utk bikin draft tulisan sebelum aku pindahin ke blog yg skr. Jd awal2 aku tulis di blogspot. Trus baru deh copas ke Dcatqueen. Makanya yg gratisan ini aku private :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mbak Fanny pertanyaan yang tidak saya duga sebelumnya hehehe

      Baiklah saya jawab ya mbak.

      Apakah anak - anak sekarang ada pelajaran tentang blog?

      Jawabanya bisa iya bisa juga tidak kalau di sekolah umum (SMA), tetapi kalau di SMK Multimedia (Setahu saya) tidak ada secara khusus, tetapi di SMK Multimedia ada pelajaran tentang coding, coding itu sedikit menyinggung soal Web dan Blog.

      Emang mas Martin tahu dari mana?

      Jawab dulu saya mengajar di SMK Multimedia Kanaan Jakarta Pusat, bincang - bincang dengan teman guru ya seperti di atas jawabannya hehehee.

      Tetapi kalau di sekolah umum, misalnya tempat saya SMA Kasih Karunia Jakarta, pelajaran blog secara umum tidak ada, di TIK itu pun hanya mengenalkan saja.

      Tetapi di tempat saya kebetulan ada eskul jurnalistik dan kelas literasi digital semacam eskul gitu mbak.

      Lantas mengapa mas Martin belajar pakai blog?

      Jawab....

      Saya mengajar Bahasa Indonesia mbak, Bahasa Indonesia itu ada empat keterampilan yang idealnya harus dikuasai. Pertama keterampilan mendengarkan (menyimak), kedua keterampilan berbicara, ketiga keterampilan membaca dan terakhir keterampilan menulis.

      Namanya terampil idealnya harus bisa melakukannya. Misalnya keterampilan menulis maka idealnya bisa menulis.

      Lantas saya buat blog dan mengajarkan anak - anak tentang blog merupakan usaha saya untuk mewujudkan kata terampil tersebut mbak. Selain itu, pesan penting dalam kurikulum nasional adalah menyiapkan generasi muda untuk siap memasuki lapangan kerja.

      Blogger salah satu pekerjaan dan tugas saya sebagai guru Bahasa Indonesia untuk menyiapkan itu. Termasuk menyiapkan anak - anak untuk siap menghadapi skripsi di perguruan tinggi. Caranya dengan membiasakan anak - anak untuk menulis, medianya blog, kenapa blog karena menyiapkan mereka untuk terampil menulis dan memberikan solusi alternatif untuk masa depan anak - anak ini mbak.

      Prinsipnya orang bisa karena terbiasa. Selain itu, ini hal yang penting bangat (sedikit curhat juga hehehe) anak - anak kalau disuruh nulis susah bangat, jadi cara saya suruh nulis di blog. Pelajaran saya mereka tulis resumenya di blog masing - masing. HP kan di bawah setiap saat tu, sabtu liburan di puncak bersama keluarga, Senin Ujian siswa bisa belajar melalui blognya karena ada resume pelajaran, jadi tidak perlu bawah buku seabrek hehehe saat liburan keluarga, cukup hp mereka sudah belajar... kira - kira seperti itu mbak...

      Muda-mudahan terjawab ya mbak hehehe...

      Maaf panjang lebar penjelasannya.

      Hapus

Posting Komentar

*Terima Kasih atas Kunjungannya*

Mohon komentar menggunakan url blog, bukan link postingan.

---Admin Guru Kampung---