Cara Merekam Kegiatan Belajar Mengajar di Zoom Jadi Video Pembelajaran

Cara Merekam Kegiatan Belajar Mengajar di Zoom Jadi Video Pembelajaran
KBM menggunakan zoom 
Dampak dari pandemi covid 19 sangat banyak. Termasuk dampak yang dirasakan oleh guru dalam dunia pendidikan. 

Biasanya guru mengajar secara langsung di dalam kelas, bertemu dengan siswa dan sesama guru; kini harus menatap layar laptop dan menggunakan aplikasi tertentu untuk mengajar. Mengajar dari rumah, siswa pun belajar dari rumah. Itulah salah satu dampak dari virus corona.

Salah satu aplikasi yang digunakan guru untuk mengajar dari rumah adalah zoom. Berikut ini saya akan bagikan cara merekam kegiatan belajar mengajar di zoom jadi video pembelajaran. 

Manfaatnya sangat banyak, namun manfaat praktis yang langsung dirasakan oleh guru dan peserta didik adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik dapat mengulang kembali apa yang disampaikan oleh guru dengan melihat video.
  2. Guru menyediakan alternatif belajar bagi peserta didik.
  3. Materi tidak ketinggalan walaupun belajar secara daring.
Mari kita mulai dengan cara merekam kegiatan belajar mengajar di zoom jadi video pembelajaran.

Langkah pertama buka aplikasi zoom

Cara Merekam Kegiatan Belajar Mengajar di Zoom Jadi Video Pembelajaran
Caranya ketik new meeting (lihat tanda panah di atas). Setelah terbuka silakan undang peserta didik untuk bergabung dan guru siap mengajarkan materi hari itu.
Cara Merekam Kegiatan Belajar Mengajar di Zoom Jadi Video Pembelajaran
Martin Karakabu admin blog guru kampung sedang mengajar

Langkah kedua rekam kegiatan belajar mengajar.

Caranya silakan klik tulisan 'record' di bagian bawah layar monitor komputer bapak ibu guru. Bisa lihat gambar berikut.
Cara Merekam Kegiatan Belajar Mengajar di Zoom Jadi Video Pembelajaran

Setelah clik recor maka bapak ibu guru silakan mengajar. Di akhir sesi zoom akan merekam dan melakukan penyimpanan secara otomatis (bisa di my dokumen atau di mana saja tergantung pengaturan di laptop bapak ibu.  

Selanjutnya silakan temukan file video pembelajaran yang direkam melalui aplikasi zoom dan bagikan kepada peserta didik untuk dipelajari kembali.

Contohnya lihat video berikut ini

Demikian tutorial sederhana dari guru kampung tentang cara merekam kegiatan belajar mengajar di zoom jadi video pembelajaran. 

Semoga bermanfaat. 

Martin Karakabu
Martin Karakabu Guru kampung dan blogger newbie. Menulis tentang pendidikan, materi mengajar dan penggunaan media mengajar berbasis blogspot. www.martinkarakabu.com

10 komentar untuk "Cara Merekam Kegiatan Belajar Mengajar di Zoom Jadi Video Pembelajaran"

  1. Memakai zoom memang solusi PJJ yang cukup ideal. Apalagi jika dibuatkan video begini, anak yg tidak mengikuti zoom meeting bisa tetap menyimak pembelajarannya walaupun tidak secara langsung.
    Cuma sayang mas martin, di tempat saya ,murid dan orangtua murid banyak yang keberatan memakai vicon gini. Bagi yg rumahnya di wilayah dekat kabupaten, alasannya vicon boros kuota.
    Bagi yg rumahnya di pedesaan, alasannya vicon susah sinyaal.
    Jadinya vicon jadi jarang banget nih dilaksanakan di kami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya benar juga miss, kasihan bagi siswa - siswi yang susah sinyal dan ekonomi menengah ke bawah. Kalau di kami satu hari (maksudnya satu kali pertemuan wajib zoom miss), misalnya 1 minggu 6 jam. Maka dua jam wajib zoom, 2 jam wajib pakai aplikasi sekolah (aplikasi khusus di sekolah kami), 2 jamnya lagi bebas, maksudnya guru mau pakai blog, instagram, atau apa saja terserah gurunya. Intinya kreatifitas guru. Tetapi cara seperti itu agak susah juga kalau diterapkan di wilayah - wilayah tertentu.

      Miss Dewi tetap semangat mengajar ya, kita doakan semoga pandemi ini cepat berakhir, semangat!

      Hapus
  2. Anak saya setiap hari ngezoom Bapak Guru. Mamaknya tekor hahaha.
    Waktu awal pandemi, mereka bahkan ngezoom Senin-Sabtu, dari pukul 8-11.30

    Saya pakai kuota pula, provider sultan, makin ngehek.

    Syukurlah setelah beberapa bulan diubah, jadi hanya Senin-Jumat doang, itupun cuman 2 jam aja, tapi tetep sih ada ngaji pakai zoom di pagi hari.
    Jadi setiap hari ngezoom sekitar 3-4 jam, Senin-Jumat.

    Dulu awalnya kacau, sekarang makin rapi, direkam terus, mungkin juga gurunya diajarin IT di sekolahan deh.

    Tapi banyak ya guru-guru ngeluh nih masalah teknologi, saat pandemi gini, pada shock karena nggak terbiasa.

    Pak guru Martin ini beruntung sekali, sebelum pandemi udah akrab banget dengan teknologi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak Rey, aplikasi zoom memang makan biaya (quota internet), namun selain google meet, zoom merupakan salah satu solusi alternatif untuk pembelajaran tatap muka versi daring.

      Sama mbak di tempat saya juga orang tua protes, akhirnya kebijakan pun diubah.
      Bila seorang guru mengajar 6 jam dalam seminggu maka 2 jam dalam minggu tersebut wajib pakai zoom. Fungsinya untuk menjelaskan materi kunci dan tanya jawab dengan peserta didik.

      Selebihnya bebas, tergantung kreativitas sang guru.

      Hehehe hanya blog yang saya paham mbak selebihnya masih dalam taraf belajar. Setuju bahwa banyak guru yang mengeluh karena mengalami kesulitan dalam menggunakan teknologi, namun suka atau tidak suka, bisa atau tidak bisa harus bisa karena situasinya menuntut seperti itu mbak..

      Mari kita tetap semangat, baik itu sebagai orang tua, guru atau peserta didik. Semoga situasi sulit ini dapat kita lewati bersama. semangat!

      Hapus
  3. caranya sangat sederhana dan mudah, anak anak zaman sekarang pasti langsung paham menerapkannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas Intan, sangat mudah dan mereka lebih paham dari generasi yang di atasnya kalau soal teknologi...

      Hapus
  4. Oh, begituuuu caranya. Ternyata mudah ya. Kalau bukan admin, apakah semua peserta zoom bisa merekam dengan klik icon tersebut, pak guru? AKu jarang nge-zoom sih :) Senangnya difoto rame2 heheeheh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya tidak bisa teh, kecuali host atau co'host teh...

      Terima kasih sudah mampir kemari teh.

      Hapus
  5. Sekarang memang aplikasi zoom utk saat ini yang paling baik utk pjj di masa pandemi ini ya bpk guru..

    Aku pikir, ini sangat efektif, dan mudah..
    Memang ada banyak org tua yg ngeluh, tekor, boros kuota 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sobat Ika sangat mudah dan bisa jadi solusi alternatif di masa pandemi ini. Soal boros quota iya mbak tapi mau bagaimana lagi inilah kenyataan yang kita semua hadapi semoga cepat berlalu masa - masa sulit seperti ini, salam hangat dan terus berkarya ya.

      Hapus

Posting Komentar

*Terima Kasih atas Kunjungannya*

Mohon komentar menggunakan url blog, bukan link postingan.

---Admin Guru Kampung---