Suport saya dengan Subscribe

Helga Cepat Seperti Cahaya - Reviuew Blog Peserta Didik

Helga Cepat Seperti Cahaya - Reviuew Blog Peserta Didik
Untuk pembaca umum:

Banyak media mengajar yang bisa digunakan oleh guru. Selama pandemi covid 19 salah satu media yang saya gunakan adalah blog. Setiap siswa memiliki blog. blog tersebut dijadikan semacam buku online. Melalui blog peserta didik bisa menulis kembali apa yang saya jelaskan lewat zoom.

Tulisan ini merupakan reviuew salah satu blog murid saya. Namanya Helga siswi kelas XII IPA SMA Kasih Karunia Jakarta.

Untuk Helga

Setelah selesai membaca tulisan ini, Helga akan tahu tiga hal.

  1. Kecepatan blog.
  2. Isi blog.
  3. Tindaklanjut yang harus dilakukan.

Disclaimer:

Waktu reviuew: 27/11/2020 pukul 20.53.49 WIB. Artinya jika ada perubahan setelah tanggal 27/11/2020 pukul 20.53.49 WIB berarti sudah dilakukan pengeditan oleh Helga berdasarkan apa yang saya sampaikan dalam tulisan ini.

Kita mulai ya Helga!

Kecepatan blog

Seluler

Helga kecepatan sebuah blog atau website sangat penting di zaman yang serba cepat dan instan ini. Alat untuk mengukur kecepatan sebuah blog atau website sangat banyak. Kali ini saya gunakan Google PageSpeed Insights untuk mengukur kecepatan blognya Helga. Data perbandingannya saya gunakan GTMetrix.

Perhatikan gambar berikut ini!
Helga Cepat Seperti Cahaya - Reviuew Blog Peserta Didik

Gambar di atas menjelaskan bahwa blognya Helga, jika diakes melalui seluler, skor pagespeed 90. Artinya apa? loading blognya sangat cepat (diakses melalui HP). Sangat bagus!. Data yang lainnya Helga bisa lihat di bawah ini!
Helga Cepat Seperti Cahaya - Reviuew Blog Peserta Didik

Destop

Bagaimana kalau dilihat dari destop (laptop).  Cermati gambar berikut!
Helga Cepat Seperti Cahaya - Reviuew Blog Peserta Didik
Artinya apa? dilihat (diakses) melalui laptop lebih bagus, lebih cepat. Data tambahan via destop 
Mari kita lihat analisis perbandingannya melalui  GTMetrix

Itu artinya loading blognya Helga sangat bagus, sangat cepat.
Kesimpulannya dari segi kecepatan loading blog tidak ada masalah.

Isi blog

Isi blog

Data di atas menunjukan produktivitas Helga dalam menulis terjadi penurunan. Helga mulai menulis di blog bulan November 2019, ada lima tulisan dalam bulan tersebut. Bulan Desember tidak menulis satu artikel pun. Januari terdapat 3 tulisan. Maret naik menjadi 4 tulisan, April turun. Sepanjang bulan April 2020 sampai Oktober 2020 masing - masing satu tulisan. Artinya apa? produktivitasnya terjadi penurunan.

Bagian ini saya bisa memaklumi karena berbagai sebab. Namun harapan saya tetaplah menulis karena menulis skripsi tidak semudah menulis di blog. Lantas bagaimana bisa menulis skripsi jika blog dianggap sulit?. 

Itu pesan penting supaya Helga refleksikan.

Sekarang mari kita lihat konten blog (termasuk gambar yang ada di blog). 

Setelah mencermati keseluruhan isi blognya Helga saya simpulkan bahwa agian ini sudah bagus. Namun ada beberapa hal kecil yang perlu Helga perbaiki. Silakan cermati blognya lebih seksama.  

Poin - poin berikut ini akan memandu Helga.
  1. Setiap mengutip pendapat orang lain (mengambil dari website lain) WAJIB TULIS SUMBERNYA. Mengapa demikian? jawabannya persoalan hak cipta. Silakan menggunakan kutipan langsung atau tidak langsung bebas saja asalkan tulis sumbernya. 
  2. Semua gambar yang diambil (dari mana pun) wajib menyertakan kredit link, sumber gambar tersebut diambil. Walau hanya gambar dia memiliki hak cipta. 

Tindaklanjut

Helga loading blog ini tidak sebaik blognya Helga. Itu artinya optimalisasi blog yang dilakukan oleh Helga lebih baik dari pada saya gurumu. Itu kelebihanmu, supaya kelebihan tersebut menjadi lebih baik maka lakukan beberapa hal berikut!
  1. Tulis sumber kutipan, termasuk sumber gambar.
  2. Usahakan semakin produktif.

Konklusi

Dari segi kecepatan Loading Helga unggul, namun dari segi produktivitas dan apresiasi terhadap hak cipta perlu dipelajari dan diperbaiki.

Terima kasih Helga, tetap semangat!

Posting Komentar untuk "Helga Cepat Seperti Cahaya - Reviuew Blog Peserta Didik"