Suport saya dengan Subscribe

Penjelasan Lengkap Tentang Resensi Disertai dengan Contoh Teks Resensi dari Berbagai Jenis

Penjelasan Lengkap Tentang Resensi Disertai dengan Contoh Teks Resensi dari Berbagai Jenis
Proses menilai dan merekomendasikan suatu karya tidak sebatas resensi buku atau reviuew produk yang sering dilakukan oleh blogger, tetapi memiliki beragam jenis. 

Ulasan secara lengkap bisa dibaca melalui tulisan berikut ini

Konsep resensi.

Resensi adalah tulisan yang berisi penilaian seseorang terhadap suatu karya. Bisa berupa buku, lukisan, film, maupun karya imajinatif yang lain.

Jika buku maka disebut resensi buku, jika film maka disebut resensi film dan seterusnya. 

Kata kuncinya:

  1. Tulisan
  2. Penilaian
  3. Karya
  4. Jadi apa itu resensi?

Jawabannya resensi adalah tulisan yang berisi penilaian seseorang terhadap suatu karya. Bisa buku, film atau karya imajinatif yang lain.

Namanya penilaian tentu ada yang disebut kekurangan dan kelebihan. Di sinilah tugas seorang penulis resensi untuk memberikan penilaian tentang kelemahan dan kelebihan karya tersebut.

Contoh:

Kelebihan

Film matahari dari timur sangat cocok dijadikan media belajar, karena ceritanya berasal dari kehidupan sosial masyarakat Indonesia timur yang mendambakan kesetaraan dalam dunia pendidikan.

Kekurangannya

Namun film ini akan menyulitkan penonton yang bukan berasal dari Indonesia timur, karena dialog yang dihadirkan para tokoh menggunakan dialek Indonesia timur.

Misalnya

  1. Sapi makan untuk memberi makna saya pergi makan.
  2. Sapi sekolah untuk memberi makna saya pergi ke sekolah.

Hal-hal seperti ini tentunya memberi kesulitan tersendiri bagi penutur atau pun penonton yang tidak berasal dari Indonesia timur. Namun secara keseluruhan film ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan media belajar di sekolah.

Contoh lain:

Jika bapak membutuhkan buku Bahasa Indonesia yang cocok untuk siswa-siswi kelas tamatan maka buku ini sangat cocok, karena berisi latihan soal Bahasa Indonesia terlengkap dan terbaru. Namun kekurangannya tidak memiliki gambar sehingga bisa membosankan siswa.

Sedangkan buku yang ini memiliki gambar yang cukup bagus dan penjelasan yang lengkap. Namun latihan soal yang dimiliki sangat kurang.

Kesimpulannya:

  1. Resensi adalah tulisan yang berisi penilaian seseorang tentang suatu karya.
  2. Jika buku maka disebut resensi buku, jika film maka disebut resensi film, dan seterusnya.
  3. Tujuan resensi untuk memberikan pertimbangan dan pilihan-pilihan kepada orang yang membutuhkannya.

Jenis - jenis resensi

Model pertama:

Martin Karakabu guru kampung yang tidak kampungan

Judul buku    : Martin Karakabu guru kampung

Penulis          : Martin Karakbu

Penerbit        : Detunglikong eksprers

Tahun terbit  : 2017

Cetakan pertama: tahun 2017

Warna buku: dominan biru

Karakabu guru kampung merupakan buku biografi yang berisi catatan perjalanan dan refleksi Martin Karakabu, guru Bahasa Indonesia di Sekolah Kasih Karunia Jakarta. Perjalanan seorang guru kampung dari pedalaman Fef Papua Barat sampai Jakarta memberi kesan bahwa guru kampung yang tidak kampungan.

Ulasannya sangat menarik. Banyak kisah inspirasi yang kita dapatkan dari buku ini. Namun tidak ada gading yang tidak retak. Peribahasa itu sepertinya cocok untuk buku yang berjudul Martin Karakabu guru kampung. Ada beberapa kekurangan, namun yang paling menonjol menurut penulis adalah gambar yang kurang mendukung.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan buku ini. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri ialah buku ini layak untuk dibaca oleh guru Bahasa Indonesia yang mengajar siswa milenial. Mengapa ini menjadi rekomendasi penulis?. 

Jawabannya karena isinya tentang guru dan teknik mengajar Bahasa Indonesia di zaman milenial.

Anak - anakku sekalian contoh resensi di atas menggunakan model deskripsi. Berikut ini model kedua yang menggunakan sub judul.  

Model Kedua

Martin Karakabu guru kampung yang tidak kampungan

Identitas buku

Judul buku : Martin Karakabu guru kampung

Penulis : Martin Karakbu

Penerbit : Detunglikong eksprers

Tahun terbit : 2017

Cetakan pertama : tahun 2017

Warna buku : dominan biru

Isi Buku

Karakabu guru kampung, merupakan buku biografi yang berisi catatan perjalanan, pemikiran, dan refleksi Martin Karakabu guru Bahasa Indonesia SMTK Bethel Jakarta selama mengajar di Papua dan SMA Kanaan Jakarta.

Perjalanan seorang guru blogger memberi kesan kepada pembaca bahwa Martin Karakabu adalah guru kampung yang tidak kampungan.

Kelemahan dan Kelebihan Buku

Ulasannya sangat menarik. Banyak kisah inspiratif yang kita dapatkan dari buku ini. Namun tidak ada gading yang tidak retak. 

Peribahasa ini cocok untuk buku yang berjudul Martin Karakabu guru kampung. 

Ada beberapa kekurangan dalam buku tersebut, yang paling menonjol menurut penulis adalah kurangnya gambar yang mendukung, kalau pun ada beberapa gambar yang terdapat dalam buku tersebut tetapi fotonya tidak sesuai dengan penjelasan atau tulisan yang terkait.

Penutup

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan buku ini. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri ialah buku ini layak untuk dibaca oleh para guru, khususnya guru Bahasa Indonesia yang mengajar siswa milenial. 

Mengapa ini menjadi rekomendasi penulis karena isinya tentang guru dan teknik mengajar Bahasa Indonesia di zaman milenial.

Anak - anak yang terkasih di atas contoh teks resensi menggunakan model deskripsi dengan sub judul. 

Berikut ini model ketiga yang menggunakan deskripsi, sub judul, dan poin.

Model Ketiga

Martin Karakabu guru kampung yang tidak kampungan.

Identitas buku

Judul  buku: Martin Karakabu guru kampung

Penulis: Martin Karakbu

Penerbit: Detunglikong eksprers

Tahun terbit: 2017

Cetakan pertama: tahun 2017

Warna buku: dominan biru

Isi Buku

Karakabu guru kampung, merupakan buku biografi yang berisi catatan perjalanan, pemikiran, dan refleksi Martin Karakbu; guru Bahasa Indonesia SMTK Bethel Jakarta selama mengajar di Papua dan SMA Kanaan Jakarta tahun 2018.

Perjalanan seorang guru kampung dari pedalaman Fef Papua Barat sampai mengajar di Jakarta dan menyandang gelar guru blogger merupakan catatan perjalanan yang memberi kesan bahwa guru kampung yang tidak kampungan.

Kelebihannya

  1. Ulasannya sangat menarik.
  2. Banyak kisah inspiratif yang kita dapatkan dari buku ini.

Kekurangannya

  1. Kurangnya gambar yang mendukung;
  2. Fotonya tidak sesuai dengan penjelasan atau tulisan yang terkait.

Penutup

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan buku ini. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri ialah buku ini layak untuk dibaca oleh para guru, khususnya guru Bahasa Indonesia yang mengajar siswa milenial. 

Mengapa ini menjadi rekomendasi penulis karena isinya tentang guru dan teknik mengajar Bahasa Indonesia di zaman milenial.

Demikian penjelasan tentang resensi dan model – model penulisan resensi. 

Bisa pilih sesuai dengan selera dengan pemikiran bahwa, ‘cara atau model yang dipilih lebih mudah dipahami oleh pembaca’. 

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

Martin Karakabu

Guru Kampung

Posting Komentar untuk "Penjelasan Lengkap Tentang Resensi Disertai dengan Contoh Teks Resensi dari Berbagai Jenis"