Subsribe

Teks Prosedur Cara membuat e-KTP

Teks Prosedur Cara membuat e-KTP oleh Shintyke Adiastrie Nourtia Kelas XII IPS SMA Kasih Karunia Jakarta

Kartu Tanda Penduduk elektronik atau yang biasa kita sebut  dengan e-KTP adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik yang berfungsi dibidang komputerisasi, e-KTP itu sendiri merupakan dokumen yang yang berbasis data kependudukan secara nasional. Ada pun hal yang perlu anda lakukan ketika anda membuat e-KTP. Dengan memperhatikan langkah-langkah sebagai berikut,

Syarat-syarat :

  1. Berusia 17 tahun/sudah menikah.
  2. Surat pengantar dari RT dan RW.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  4. Datang langsung ke Kantor Kelurahan.

Langkah-langkah :

Pertama fotokopi dokumen yang dibutuhkan.

Pertama-tama, setelah mendapatkan semua dokumen yang dibutuhkan anda harus menggandakanya (disarankan anda memiliki dua atau tiga lembar salinan untuk dokumen)

Kedua datang ke Kantor Kelurahan.

Selanjutnya, Anda harus datang sendiri ke Kantor Kelurahan, tidak dapat diwakilkan. Di sini, anda akan mengambil nomor antrian  untuk menunggu dilayani, biasanya pihak Kelurahan membuka layananya pada pukul 08.00 sampai pada pukul 15.00.

Ketiga penyerahan dokumen. 

Setelah giliran anda tiba, anda akan menyerahkan salinan dokumen pada pihak petugas Kelurahan, sebaikanya anda juga membawa dokumen asli untuk ditunjukan kepada petugas.

Keempat foto dan sidik jari.

Setelah menyerahkan dokumen, anda dipanggil untuk pas foto dan pengambilan sidik jari. Kemudian, anda diminta untuk tanda tangan pada alat perekam digital dam scan retina mata.

Kelima pengambilan e-KTP.

Jika semua proses sudah selesai, anda akan diberikan surat pengantar untuk ditunjukkan pada pengambilan e-KTP nanti. Surat ini juga bisa dijadikan sebagai kartu identitas sementara selama menunggu menunggu pengambilan e-KTP.

***

e-KTP memang sangat dibutuhkan oleh semua warga Indonesia, mulai untuk keperluan pembuatan berbagai dokumen seperti Paspor,NPWP dan juga Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memahami prosedur tentang pembuatan e-KTP.

Oleh Shintyke Adiastrie Nourtia Kelas XII IPS SMA Kasih Karunia Jakarta

Posting Komentar untuk "Teks Prosedur Cara membuat e-KTP "