Subsribe

Jawaban Peserta Didik Tentang Kalimat Fakta dan Opini

Jawaban Peserta Didik Tentang Kalimat Fakta dan Opini
  • Soal dan jawaban nomor 1 tentang kalimat opini silakan lihat di sini (OPINI)
  • Soal dan jawaban nomor 2 tentang kalimat fakta silakan lihat di sini (FAKTA)
Berikut ini jawaban peserta didik tentang kedua soal tersebut.

Angel

Hari/tgl: Rabu/27 Januari 2021

No. 1 Jawaban: A. (1) dan (2)

Alasan: Karena, teks 1 dan 2 merupakan pendapat pribadi. Belum tentu semua orang disana merasa dingin. Sedangkan, teks 3 dan 4 merupakan fakta karena sudah ada data valid di dalam teksnya.

No.2 Jawaban: A. (1)

Alasan: Karena, memang faktanya dan telah di berikan bukti berupa angka valid bahwa kadar oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup adalah 21%.

Jhonson

Hari dan Tanggal : 27 Januari 2021

Jawaban nomor 1

1 dan 2, karena di jawaban 1 menujukan bahwa kejadian tersebut benar benar terjadi di Manggarai, Flores, NTT dan juga mengatakan bahwa kali ini suhu disana lebih dingin dari pada hari hari sebelumnya dan itu merupakan fakta yang terjadi disana bukan sekedar pendapat atau opini

Jawaban no 2 : 

1, karena sudah terdapat penelitian bahwa manusia benar ketika menghisap udara mengandung 21% kadar oksigen

Vincent

Soal pertama ≈ D. 

(2) dan (4). Saya pilih jawaban tersebut karena kalimat yang kedua itu mengatakan "kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya", berarti,hari sebelumnya kemungkinan cuaca atau udaranya panas. Kenapa saya pilih kalimat ke empat, karena tertulis " ..., Terdapat papan informasi pengukur suhu ...", Itu berarti kemungkinan suhu itu tidak akan selalu tetap di angka tersebut , kemungkinan bisa berubah.

Soal kedua ≈ B. 

(1). Karena kita bisa liat, di kalimat ke dua mengatakan "kadar tersebut harus di jaga" setiap makhluk hidupkan pasti ada yang menjaga kadar tersebut dan ada yang tidak. Di kalimat 5 pun itu termasuk kedalam pendapat, karena mengatakan "... keadaan itu belum sampai membuat kita sesak nafas",nah berarti mungkin ada orang yang dapat sesak nafas dan ada yang tidak.

Aldrich 

Hari / Tanggal : Rabu, 27 Januari 2021

Soal no 1

Jawabannya adalah A. (1) dan (2). Karena, kalimat 1 dan 2 menyatakan pendapat pribadi yang menjelaskan apa yang dia rasakan. Belum tentu orang lain yang tinggal disana merasa dingin.

Soal no 2

Jawabannya adalah A. (1). Karena kalimat 1 menjelaskan tentang kenyataan dimana makhluk hidup pasti menghirup udara yang mengandung kadar oksigen 21 persen. Sedangkan kalimat lainnya tergolong opini karena tidak ada data yang jelas, bisa dilihat dari kata-kata yang digunakan menggunakan kata-kata perkiraan (kalimat 3 dan kalimat 4). Sedangkan untuk kalimat 2 dan kalimat 5 menunjukkan bahwa itu pendapat dari seseorang.

Mount 

Tanggal : 27 Januari 2021 

Nomor 1  Jawab : A.(1) dan (2) 

Alasan : Terlihat jelas bahwa kalimat pertama  merupakan pendapat, kata kuncinya adalah "terasa" yang artinya ia sendiri yang merasakan dinginnya dan terlebih setiap orang memiliki rasa tahan terhadap dingin yang berbeda beda. Bisa saja ia merasakan dingin tapi orang lain tidak.Pada Kalimat kedua ia hanya beropini atau berpendapat sesuai yang ia rasakan pada hari hari sebelumnya terus ia bandingkan dengan hari ini. Kita juga bisa mengetahui jawaban dengan melihat kalimat 3 dan 4. Kalimat ke-3  merupakan fakta karena ia memberikan sebuah data dan data tidak bisa diubah ubah. Kalimat ke-4 juga fakta, karena ia mengetahui informasi suhu dari papan informasi pengukur suhu di jalan jalan dan itu adalah informasi bukan pernyataan pribadi.

Nomor 2  Jawban : A. (1) 

Alasan : Soal ini cukup rumit. karena ada beberapa kalimat yang juga menampilkan sebuah perhitungan, seperti kalimat ke-3 dan ke-4. Tetapi ada sebuah perbedaan dimana pada  kalimat ke-3 dan ke-4 perhitungannya hanya kira kira sedangkan pada kalimat pertama angka yang diberikan valid dan tidak bisa berubah ubah. Sehingga membuat kalimat pertama menjadi pilihan jawaban saya

Rahma 

Tanggal : Rabu, 27 Januari 2021

Jawaban soal no 1 adalah A. (1) dan (2)

Karena yang ditanya adalah kalimat pendapat pada teks tersebut. Kalimat no 1 dan 2 merupakan pendapat dari orang yang mengamati suhu udara di Manggarai, Flores, NTT. Ia berkata bahwa suhu udara disana terasa dingin, padahal belum tentu juga yang lainnya merasa dingin seperti dia. Lalu kalimat 2, ia berkata bahwa kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. Ini juga pendapat karena yang merasa udaranya dingin kan hanya dia, orang lain belum tentu.

Jawaban soal no 2 adalah A. (1)

Pertanyaan dalam soal tersebut adalah kalimat fakta yang terdapat di soal. Kalimat (1) berisi "udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen." Kalimat itu merupakan sebuah fakta, karena memang mutlak kenyataannya data oksigen dalam udara yang dihirup manusia itu 21 persen. Sedangkan untuk kalimat (3) itu bukan fakta mutlak tapi hanya sementara, ada kata "kira-kira" disana yang artinya ada keraguan. Kalimat (4) hanya pengembangan dari kalimat (3).

Ella

Hari/tgl: Rabu, 27 Januari 2021

Jawaban No. 1 adalah ... A. (1) dan (2)

Karena pada kalimat nomor (1) dan (2) merupakan ungkapan pribadi dari penulis yang mengatakan bahwa udaranya terasa dingin. Namun, belum tentu orang lain merasa udaranya dingin dan berpikir bahwa dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya.

Jawaban No. 2 adalah ... A. (1)

Karena kalimat nomor (1) memberikan data di dalamnya yaitu "kadar oksigen 21 persen". Jika kita perhatikan pada kalimat nomor (3) yang juga menunjukan data, terdapat kata "kira-kira" yang berarti datanya belum pasti. Sedangkan kalimat nomor (4) merupakan sambungan dari kalimat nomor (3) yang menguraikan data persen menjadi dalam satuan ton. Selebihnya untuk kalimat nomor (2) dan (5) merupakan ungkapan pribadi sang penulis.

Tyke 

Hari/tgl : Rabu,27 Januari 2021

Jawaban : 

1. A. (1) dan (2)  merupakan kalimat pendapat ,karena memuat pendapat yang diutarakan seseorang mengenai udara di Manggarai,Flores,NTT bahwa dia merasa dingin  . Sedangkan kalimat 2 dan 3 merupakan kalimat fakta karena dipaparkan sesuai dengan data yang sudah ada, jadi kebenaranya mutlak.

2. A. (1) Merupakan kalimat fakta yang menyatakan bahwa kadar oksigen yang dihirup makhluk hidup sekitar 21% . Sebagai salah satu contoh kalimat 2 merupakan kalimat pendapat "harus tetap terpelihara" sedangkan faktanya tidak semua makhluk hidup memeliharanya dengan baik ,begitupun dengan kalimat 3,4 dan 5 yang merupakan kalimat yang mengutarakan pendapat seseorang yang belum diketahui kebenarannya karena pendapat tiap orang itu berbeda-beda tergantung dari sudut pandang masing-masing orang

Agri

Hari/Tgl : Rabu, 27 Januari 2021

1. Dua kalimat pendapat pada teks tersebut ditandai dengan nomor (A). 1 dan 2. Karena, nomor 3 lebih mengarah kepada fakta. Sedangkan nomor 4 merupakan data yang sudah terbukti kebenarannya.

2. Kalimat fakta dalam paragraf tersebut adalah (A). 1. Karena, nomor lainnya merupakan pendapat dari seseorang. Hal tersebut juga didukung oleh 'kira-kira' dan 'kurang lebih', yang berarti belum dapat dipastikan kebenarannya.

Tipoy

Kelas : 12 IPS

Jawaban,

1. A (1 dan 2), karena kalimat 1 dan 2 berasal dari opini atau perasaan si penulis ditambah tidak ada bukti kuat jika dinginnya melebihi hari sebelum-sebelumnya. Sedangkan kalimat 3 dan 4 sudah memiliki data sehingga menjadi kalimat fakta/buktinya disana situasinya memang dingin.

2. A, karena faktanya memang manusia seperti kita hidup menghirup oksigen di udara. Sisanya hanya estimasi pengurasan oksigen setiap tahun itupun tidak ada data yang benar-benar membuat pembaca sangat percaya akan kalimatnya.

Helga 

Hari/ Tanggal : Rabu, 27 Januari 2021

1) A, 1 dan 2

Karena itu merupaka pernyataan dari pendapat pribadi. Bisa saja orang yang tinggal disana atau lebih tepatnya Flores, NTT ada yang merasa bahwa itu tidak dingin atau masih suhu normal.

2. A, 1

Karena itu adalah faktanya bahwa mahluk hidup memiliki kadar oksigen 21 % dan telah di dukung oleh angka sehingga menjadi lebih valid.

Ai

Hari//tgl.: Rabu, 27 Jan, 2021

No.1 A (1&2)

Nomor 1 dan 2 adalah opini, karena itu adalah pengalaman orang bukan sesuai denna fakta. Tetapi 3 dan 4 itu sesuai dengan data atas biasanya ada di berita. Knp saya bisa tahu, karena penyampaiannya terkesan lebih tepat dan menggunakan bahasa baku.

No.2 A(1)

Kalimat notor 1 adalah fakta, karena berdasarkan fakta dan nyata, dan juga di klimat disebutkan radar oksigennya berapa.

Kenapa tidak nomor lain, karena kalimat menunjukan tidak pasti seperti kira-kira, kuran lebi, dan lain lain.

Daniel 

Hari/tgl : Rabu, 27 Januari 2021

No.1 Jawaban : A. (1) & (2)

Alasan : karena pada teks yang pertama ada kata "terasa" dimana kata ini tidak menunjukan sebuah fakta. bisa jadi ada orang yang hanya merasa biasa, jadi ini hanya sebuah pendapat pribadi. lalu kalimat yang kedua juga menunjukan sebuah pendapat, karena ada kemungkinan orang-orang yang berada disana meresa suasana sama-sama saja dengan hari-hari sebelumnya.

No.2 Jawaban : A. (1)

Alasan : saya memilih kalimat 1 karena, di kalimat tersebut sudah disertai dengan bukti angka, sehingga menjadi lebih valid. Untuk kalimat 3 & 4 tidak termasuk kedalam fakta karena angka yang diberikan masih belom pasti, di dalam kalimatnya terdapat kata "kira-kira" & "kurang lebih" yang membuat kalimat tersebut dianggap sebuah kalimat pendapat.

Jawaban anak - anak di atas berasal dari Kegiatan Belajar dan Mengajar Bahasa Indonesia, Rabu, 27 Januari 2021 (Kelas XII IPA dan IPS )

Baca juga: Materi Fakta dan Opini Berserta Contoh Soal Ujian Nasional dan Pembahasannya

Posting Komentar untuk "Jawaban Peserta Didik Tentang Kalimat Fakta dan Opini"