Subsribe

Penjelasan Umum Tentang Teks Eksposisi (Tesis, Argumentasi dan Penegasan Ulang)

Penjelasan Umum Tentang Teks Eksposisi (Tesis, Argumentasi dan Penegasan Ulang)
Tesis, Argumen, dan Rekomendasi dalam Teks Eksposisi

Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. Gagasan tersebut dikaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara harus menyertakan alasan-alasan logis. Dengan kata lain, ia bertanggung jawab untuk membuktikan, mengevaluasi, atau mengklarifikasi permasalahan tersebut. Bentuk teks ini biasa digunakan dalam kegiatan ceramah, perkuliahan, pidato, editorial, opini, dan sejenisnya.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi merupakan jenis teks berisi gagasan yang bertujuan agar orang lain memahami pendapat yang disampaikan. Gagasan tersebut disampaikan oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. Untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicara menyertakan alasan-alasan logis.

Pertama tesis, yakni pernyataan atau teori yang didukung oleh argumen yang dikemukakan dalam karangan

Kedua argumen yaitu alasan yang dapat dipakai untuk memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian, atau gagasan

Ketiga rekomendasi berupa saran yang menganjurkan (membenarkan, menguatkan)

Marti kita lihat struktur teks eksposisi berikut ini.

Struktur Teks Eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi 3 bagian. 

  1. Tesis atau pernyataan pendapat, 
  2. Argumentasi, dan 
  3. Penegasan ulang.

Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.

Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara. 

Bagian terakhir adalah penegasan ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.

Nah, anak - anak sekarang perhatikan tabel berikut ini! 

TABEL 1.1">
Teks 1Teks 2Teks 3
Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi.

Di atas merupakan penggalan teks eksposisi yang disusun secara acak. Silakan urutkan teks eksposisi tersebut secara benar. Berikan penjelasan di bagian akhir.

Contoh sistematika jawabannya

Teks 5 tesis, teks 6 argumentasi dan teks 7 penegasan ulang.

Alasannya karena -------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------
-----------------------------------------------------------------------------
Berikan jawaban terbaik anda di melalui kolom komentar blog ini.

Selanjutnya silakan baca cara menyusun teks eksposisi. 

6 komentar untuk "Penjelasan Umum Tentang Teks Eksposisi (Tesis, Argumentasi dan Penegasan Ulang)"

  1. Teks 2 adalah tesis, teks 1 adalah argumentasi dan teks 3 adalah kesimpulan.
    Alasan: karena di dalam teks 2 hanya pendapat penulis dan tidak ada bukti(Informasi) bahwa teks tersebut merupakan fakta. Dalam teks pertama ada fakta dari para ahli. Dan terakhir teks 3 adalah kesimpulan atau penegasan ulang dari teks pertama dan teks kedua.

    BalasHapus
  2. JAWABAN THE JENIFER=
    Teks 1 merupakan bagian argumentasi, karena berisikan argumen yang valid untuk meyakinkan pembaca seperti di debat.

    Teks 2 merupakan bagian Tesis, karena berisikan penjelasan umum.

    Teks 3 merupakan bagian penegasan ulang, karena berisikan kesimpulan dan solusi si penulis.

    BalasHapus
  3. Teks 2 - Teks 1 - Teks 3
    Alasan : Dalam teks 2 terdapat penjelasan tesis dari topik yang akan dibahas di dalam teks eksposisi , seperti adanya beberapa fakta dan data yang didapat. Dalam teks 1 terdapat pernyataan para ahli yang bisa dikatakan sebagai argumen mereka. Terakhir , dalam teks 3 terdapat simpulan dari teks 2 dan 1 , bisa diperhatikan juga dalam kalimat di teks 3 terdapat kalimat saran yang biasanya ada di dalam penegasan ulang.

    BalasHapus
  4. Teks 2 tesis, teks 1 argumentasi, dan teks 3 penegasan ulang.

    Alasan: Pada teks 2 menyatakan pendapat orang pada umumnya, tanpa disertai bukti yang jelas, yang dapat juga kita lihat dari pengunaan kata- katanya yang kurang memberikan kepastian, sehingga teks 2 ini menjadi tesis. Pada teks 1, kita dapat dengan jelas membaca pendapat para ahli yang tertuang sebagai "bukti" yang jelas dari teks eksposisi tersebut, maka dari itu, teks 1 saya nyatakan sebagai argumentasi. Sedangkan saya memilih teks 3 sebagai penegasan ulang, karena di teks 3 ini terdapat point- piont yang telah dijelaskan di teks 2 dan 1, dan dijelaskan dengan singkat dan jelas, di sini juga berisi ajakan untuk mengatasi topik permasalahan yang ada di teks tersebut.

    BalasHapus
  5. Anak - anak terkasih, jawabannya saya tutup. Artinya yang menjawab setelah ini tidak akan saya tanggapi.

    Baik mari kita sama - sama lihat struktur yang membentuk eks eksposisi.

    ^Pertama pendapat (tesis)
    ^kedua bukti (argumentasi)
    ^Ketiga penegasan ulang

    Berdasarkan struktur maka dapat disimpulkan

    -Teks dua merupakan pendapat penulis (struktur teks eksposisi yang pertama)
    -Teks satu merupakan argumentasi. Ini dibuktikan dengan kalimat "....Para ahli menyimpulkan....". Ini menunjukkan bahwa sang penulis berusaha meyakinkan pembaca tentang pendapatnya dengan mengutip pendapat para ahli.
    -Teks tiga merupakan penegasan ulang. Kalimat yang meyakinkan kita semua bawah itu adalah penegasan ulang terdapat pada kalimat "........... Masalah lingkungan di atas ..........". Bagian ini menunjukkan suatu kesimpulan yang ingin disampaikan oleh penulis berdasarkan penjelasannya di paragraf pertama dan kedua.

    Dengan demikian struktur penulisan teks eksposisi yang benar adalah (2) (1) dan (3).

    Sekarang mari kita lihat jawaban kalian.

    @Angeli benar
    @Jenifer benar
    @Debora benar
    @Feren benar



    BalasHapus
  6. Teks 2 tesis, teks 1 argumentasi dan teks 3 penegasan ulang.

    Teks 2 merupakan tesis karena pada teks 2 terdapat kalimat-kalimat awal dari topik yang akan dibahas. Teks 1 merupakan argumentasi karena pada teks 1 terdapat beberapa kalimat yang dituliskan seperti suatu pendapat atau argumen terhadap topik yang dibahas, seperti
    "para ahli menyimpulkan bahwa... ". Teks 3 merupakan penegasan ulang karena pada teks ke 3 dituliskan hasil kesimpulan atau memperjelas dan menegaskan argumentasi yang menjadi topik yang dituliskan pada teks tersebut.

    BalasHapus

Posting Komentar

*Terima Kasih atas Kunjungannya*
Mohon komentar menggunakan url blog, bukan link postingan.